Kamis, 12 April 2012

Koneksi Database MySQL dengan PHP


 Untuk melakukan koneksi ke MySQL ada dua fungsi yang bisa digunakan. Yang pertama adalah dengan menggunakan fungsi mysql_connect.

Sintaks fungsinya adalah sebagai berikut:

 resource mysql_connect ( [string server [, string username [, string password [, bool new_link [, int client_flags]]]]])

 Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut ini:

<?php
 $conn = mysql_connect('localhost', 'root', 'passwordku');
 if (!$conn) {
 die('Koneksi ke MySQL gagal: ' . mysql_error());
 }
 echo 'Koneksi ke MySQL sukses dengan mysql_connect !!';
 mysql_close($conn);
 ?>

Kita lihat di atas ada perintah mysql_connect yang fungsi utamanya adalah untuk melakukan koneksi ke database MySQL. Sebagai contoh di atas server MySQL ada di localhost dengan username root dan passwordnya adalah passwordku.


Selain menggunakan fungsi mysql_connect, bisa juga dengan menggunakan fungsi mysql_pconnect. Bedanya  adalah mysql_pconnect adalah fungsi koneksi ke MySQL dengan cara persistent. Sekali kita koneksi secara persistent ke database server maka koneksi ini terus melangsungkan hubungan ke database server. Secara prinsip fungsi mysql_pconnect ini sama dengan mysql_connect hanya saja dengan dua perbedaan yaitu:
 1. Selama mengadakan koneksi maka fungsi ini akan mencari suatu link persistent lain yang sudah terhubung ke host, user dan password yang sama. Jika link tersebut ditemukan maka identifier dari koneksi atau link tersebut akan diberikan ke client dan client tidak akan mengadakan koneksi baru ke dataase server.
 2. Koneksi ke database tidak akan terputus jika eksekusi dari suatu script SQL selesai dilakukan. Pada fungsi mysql_connect, secara otomatis koneksi akan terputus sesaat setelah suatu script SQL dieksekusi. Pada fungsi mysql_pconnect, koneksi ke database akan terus terjadi dan tidak akan diputus walaupun Anda menggunakan fungsi mysql_close.

 Sintaks dasar dari penggunaan fungsi mysql_pconnect adalah sebagai berikut:
 resource mysql_pconnect ( [string server [, string username [, string password [, int client_flags]]]])

 Contoh code PHP nya dari fungsi mysql_pconnect bisa dilihat pada code berikut ini:

<?php
 $conn = mysql_pconnect('localhost', 'root', 'ariesa2001');
 if (!$conn) {
 die('Koneksi ke MySQL gagal: ' . mysql_error());
 }
 echo 'Koneksi ke MySQL sukses dengan mysql_pconnect !!';
 ?>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar